Cara Membersihkan Gigi Kuning dengan Baking Soda (Baking Powder)

Banyak cara yang ditawarkan untuk memutihkan gigi kuning secara alami sehingga gigi menjadi putih dan bertahan secara permanen. Gigi kuning memang bisa membuat kamu kurang percaya diri serta dapat membuat penampilan kamu menjadi kurang menarik, tapi jangan khawatir karena gigi kuning sebenarnya bisa dibersihkan dengan cara-cara tertentu, banyak sekali cara yang ditawarkan untuk memutihkan gigi, ada yang menggunakan produk yang mengandung bahan kimia dan ada juga yang menggunakan bahan-bahan alami, namun cara yang paling aman tentu saja menggunakan cara alami.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi adalah menggunakan baking soda atau baking powder atau dikenal juga dengan soda kue, ya kamu pasti sudah sering mendengarnya, sebenarnya baking soda banyak digunakan untuk campuran bahan membuat kue yang banyak tersedia dipasaran, tapi ternyata baking soda bisa digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan gigi yang kuning secara alami dan dapat bertahan secara permanen.

Memutihkan gigi dengan baking soda


Baking soda sangat efektif membersihkan gigi kamu dengan beberapa kelebihan, di antaranya mampu menjangkau celah-celah dan retakan gigi, mampu menghilangkan perubahan warna pada gigi dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu baking soda juga dapat membuang penumpukan plak atau karang gigi, menghilangkan bau mulut, dan mencegah penyakit gigi dan gusi.

Cara Membersihkan Gigi Kuning dengan Baking Soda (Baking Powder)

Untuk memutihkan gigi baking soda bisa dicampur dengan bahan alami lainnya seperti misalnya jeruk nipis, buah-buahan dan lain sebagainya, berikut adalah beberapa cara memutihkan gigi secara alami dengan baking soda:


1. Memutihkan gigi dengan Pasta dari Campuran Baking soda, Strawbery dan Lemon

Untuk memutihkan gigi kamu bisa membuat pasta dari campuran baking soda, buah strawbery dan air perasan jeruk lemon, caranya sangat mudah, silahkan sediakan 1 buah strawbery, 1 buah jeruk lemon dan 1 sendok teh baking soda.

Ambil perasan jeruk lemon kemudian campurkan dengan strawbery yang sudah dihaluskan dan tambahkan baking soda, aduk hingga membentuk pasta, pasta yang sudah jadi bisa kita gunakan untuk sikat gigi layaknya pasta gigi, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan pasta untuk pemutih gigi yang kamu buat tersebut dikarenakan sifatnya asam, cukup minimal seminggu satu kali sudah cukup.

Strawbery memang dikenal sebagai buah-buahan yang mengandung asam malat yang dapat mengikis dan membersihkan noda pada gigi, sering mengkonsumsi strawbery juga sebenarnya dapat memutihkan gigi kamu yang kuning, anda juga bisa menggunakan buah apel hijau jika memang strawbery tidak ada, kandungan yang terdapat di dalam apel hijaupun sama seperti kandungan yang terdapat di strawbery yakni banyak mengandung asam malat yang sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi.

2. Memutihkan gigi dengan Pasta dari campuran Baking soda dan air

Selain mencampurkan baking soda dengan buah strawbery dan air perasan lemon, campuran baking soda dan air putih juga dapat kita gunakan untuk memutihkan gigi. Silahkan campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air kemudian aduk hingga membentuk pasta dan gunakan sebagai pasta untuk menyikat gigi anda, gunakan setiap kali anda menyikat gigi.

Selain dibuat pasta baking soda juga bisa anda gunakan sebagai obat kumur, caranya silahkan campurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air, kemudian aduk rata hingga tercampur, gunakan untuk berkumur selama 2 sampai dengan 3 menit, anda bisa menggunakan bahan ini untuk berkumur minimal 1 kali dalam sehari selama 7 hari.

Apakah penggunaan baking soda untuk membersihkan gigi berbahaya?

Baking soda dikenal sebagai bahan kimia sintetis dan bersifat abrasif, artinya jika dilakukan secara berlebihan dan terus menerus dapat merusak permukaan enamel gigi, sehingga gigi menjadi tipis dan sensitif dan jika lapisan enamel terkikis habis maka warna gigi akan kelihatan kuning, selain itu gigi akan mudah korosi dan rapuh.

Oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan baking soda untuk pemutih tau membersihkan karang gigi karena takarannya belum tentu tepat, kebanyakan takaran membuat pasta gigi sendiri dari baking soda adalah takaran yang dikira-kira dan belum tentu tepat.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari baking soda dalam memutihkan gigi, gunakan saja pasta gigi yang mengandung baking soda. Baking soda dalam pasta gigi tentunya telah memenuhi standar, karena telah melalui serangkaian uji klinis, dan telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi.

Selain baking soda anda juga bisa menggunakan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk memutihkan gigi, memang banyak sekali cara alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan gigi yang kuning, cara di atas adalah salah satunya.

Demikian informasi tentang Cara Membersihkan Gigi Kuning dengan Baking Soda (Baking Powder), semoga bermanfaat dan selamat mencoba.