Cara Merawat Rambut Panjang Agar tidak mudah rontok dan bercabang

Cara Merawat Rambut Panjang agar sehat dan tidak mudah rontok - Rambut adalah mahkota yang dimiliki oleh setiap orang baik laki-laki maupun perempuan, rambut juga adalah salah satu ciri khas yang dapat merubah  penampilan seseorang,  jika model rambut yang dipilih cocok maka penampilan pun akan semakin cantik dan ganteng.

Banyak sekali jenis rambut yang bisa dipilih sesuai selera, ada yang suka dengan rambut panjang terurai, ada yang suka dengan rambut pendek yang menarik,  ada juga yang suka dengan penampilan pelontos , botak atau rambut yang sangat pendek, apapun model rambut yang dipilih, agar rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok, maka rambut perlu di rawat dengan baik, terutama untuk wanita sehingga rambut kuat dan sehat,  jika rambut sehat maka penampilan pun akan selalu tetap menarik.
Tips Merawat rambut panjang


Memiliki rambut panjang yang sehat untuk kebanyakan wanita selalu menjadi idaman, namun menumbuhkan rambut perlu waktu, karena rambut dapat tumbuh 0.6 sampai 0.7 cm dalam setiap bulan dan dapat terus tumbuh memanjang sampai 6 tahun kedepan, dan rambut akan rontok seiring usianya biasanya setiap  2 sampai 6 tahun sekali tergantung ketahanan rambut itu sendiri, sehingga membuka jalan bagi tumbuhnya rambut baru.

Untuk kamu yang senang dengan rambut panjang, sangat perlu sekali untuk selalu ekstra memperhatikan kesehatan rambut dengan selalu melakukan perawatan yang baik,agar rambut tetap kuat dan selalu menjaga penampilan kamu tetap menarik.

Cara Merawat Rambut Panjang agar sehat dan tidak mudah rontok

Untuk merawat rambut panjang kamu agar tetap sehat dan selalu tampil menarik, maka beberapa cara dibawah ini bisa kamu lakukan untuk merawat rambut kamu yang panjang:


Gunakan sampo secara rutin

Penggunaan sampo pada rambut dapat membersihkan minyak di kulit kepala yang akan menjaga rambut tetap sehat, jika tidak suka dengan pemakaian sampo anda juga bisa menggunakan conditioner yang dapat menjaga rambut tetap lembab dan tidak mudah kering.
Penggunaan sampo yang disarankan saat Anda tengah berupaya merawat rambut yang sedang dipanjangkan adalah 2-3 kali tiap minggunya.

Hindari penggunaan jat kimia secara berlebih

Jangan sering menggunakan jat kimia untuk perawatan rambut secara berlebihan, karena rpoduk perawatan rambut dengan jat kimia jika sering digunakan akan mudah sekali merusak rambut, rambut bercabang dan kering.

Selalu Menyisir dan merapikan rambut jika berantakan

Upayakan untuk selalu merapikan rambut secara berkala, terutama ketika rambut acak-acakan, menyisir rambut akan membuat rambut mendapatkan asupan udara dan cukup pencahayaan serta dapat menjaga kulit kepala tidak mudah berkeringat sehingga akan baik untuk rambut.


Keringkan rambut dengan baik sehabis keramas

Jika habis keramas maka rambut sebaiknya dikeringkan, rambut panjang akan sulit sekali dikeringkan, kamu bisa gunakan handuk kering yang halus atau memakai pengering rambut atau hairdryer. Lakukan secara perlahan agar rambut tidak rontok dan tidak kusut, jika menggunakan hairdrayer, kamu bisa barengi dengan menggunakan sisir agar rambut selalu rapih.

Pangkas Ujung rambut secara berkala

Memangkas ujung rambut akan menjaga rambut tidak bercabang dan rambut akan tumbuh panjang dengan baik. Lebih baik lakukan pemangkasan ujung rambut secara terjadwal guna mempertahankan panjang rambut sesuai dengan ukuran ideal yang diinginkan. Guna menghilangkan kemungkinan adanya bagian ujung yang telah rusak, disarankan untuk memangkas ujung rambut setidaknya tiap 6-8 minggu. Hal ini juga berguna mencegah tumbuhnya rambut dengan ujung bercabang.


Gunakan vitamin khusus rambut

Untuk mendukung pertumbuhan rambut  setidaknya harus dilengkapi dengan 13 vitamin esensial. Vitamin esensial tersebut termasuk vitamin A, D, E, K, C, dan kelompok vitamin B-kompleks. Vitamin golongan B-kompleks adalah biotik, riboflavin, asam pantotenat, niasin, tiamin, vitamin B-6, vitamin B-12, dan folat.